Sabtu, 06 Juli 2019

Tips Mengetahui Jenis Makanan Sehat Menurut Islam

Makanan sehat menurut Islam terdiri dari standar jenis makanan itu sendiri. Islam mengajarkan umatnya untuk mengkonsumsi jenis makanan yang bersih, sehat dan juga halal. Selain itu, Islam juga melarang umatnya mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena hal itu dapat mempengaruhi mental dan moral seseorang.

Dalam Al-Qur’an sudah dituliskan bahwa manusia merupakan mahkluk yang paling mulia dibanding mahkluk yang lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada mental dan karakteristiknya, sehingga dalam mengkonsumsi makan-makanan saja ada anjurannya dan harus diperhatikan.

Menurut Al-Quran dan Al-Hadist, bahwa manusia membutuhkan asupan makanan yang baik. Di dalam surat Abassa telah dituliskan, jika manusia membutuhkan makanan yang bersih, sehat dan juga bergizi.

Makanan sehat menurut Islam telah dituliskan dalam surat Abassa ayat 27 sampai ayat 32. Jenis makanan tersebut terdiri dari biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buah-buahan dan rumput-rumputan untuk binatang ternak dan juga buah kurma.

Islam menekankan bahwa makanan sehat dalam Islam yaitu makanan dan minuman yang halal untuk dikonsumsi sebagai sumber energi. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, maka akan menghasilkan energi yang bersih, sehingga manusia tersebut dapat beraktivitas dan mendekatkan diri pada Allah S.W.T.

Sebaliknya, jika manusia mengkonsumsi makanan yang haram, maka akan mendatangkan suatu keburukan. Jadi mengkonsumsi makanan sehat menurut Islam sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan juga moral manusia.

Dalam ilmu gizi telah dijelaskan bahwa mengkonsumsi daging secara berlebihan akan berakibat tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia karena tubuh akan mengalami peningkatan dalam pembakaran energi.

Selain itu, mengkonsumsi daging secara berlebihan dapat beresiko meningkatkan asam urat didalam tubuh manusia. Jadi, dalam ilmu gizi pun menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat menurut Islam yang bervariasi.

Dengan begitu, maka kebutuhan nutrisi untuk tubuh dapat tercukupi. Imam Ridha A.S berkata bahwa Islam mengharamkan dan memakruhkan segala sesuatu yang dapat membahayakan tubuh. Tetapi juga sebaliknya, memperbolehkan segala sesuatu yang baik untuk kesehatan rohani dan jasmani manusia. Itulah makanan sehat yang aman untuk kesehatan menurut Islam dan dapat Anda terapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar